Cara mudah Menggocek bola seperti Messi

Mengikuti Cara mudah Menggocek bola seperti Messi bisa menjadi salah satu cara ampuh bagi kita sedang berlatih atau menekuni sepak bola. Jika diperhatikan secara saksama, Messi mempunyai teknik yang sangat unik saat dia menggiring bola. Sang pesepakbola asal Argentina tersebut sering kali berbelok ke arah berbeda hingga berhenti secara tiba-tiba. Maka tak heran kalau banyak lawan yang terkecoh dibuatnya.

Salah satu contoh nyata yang dapat kita simak adalah kala Messi menipu dua bek Bilbao dalam sesi final Copa Del Rey. Messi sempat berhenti sesaat sebelum memelesat menuju gawang sang lawan. Gerakan seperti inilah yang membuat banyak orang kagum dan ingin menerapkan kepiwaian Messi. Sejauh ini, tak banyak pemain sepak bola asal Amerika Latin yang mampu menyaingi kesempurnaan Messi saat tengah mengelabui lawan di lapangan hijau.

Kunci sukses menggiring/dribbling bola ala Lionel Messi

Metode Messi dalam menipu para lawannya memang mengagumkan. Betapa tidak? Pesepakbola andal ini sebenarnya tidak melakukan kontak fisik saat berhadapan dengan pemain tim lawan, tetapi dalam hitungan detik, mereka berjatuhan akibat salah mengambil langkah. Di antara sekian lawan yang pernah bersinggungan dengan Messi, ada Jerome Boateng yang tidak akan pernah lupa saat dia dipecundangi habis-habisan oleh tipuan sederhana ala Lionel Messi.

Cara mudah Menggocek bola seperti Messi

Lantas, apa yang sebenarnya Messi terapkan dalam triknya tersebut? Hal yang dipraktikan oleh Messi sesungguhnya terbilang simpel, hanya saja memang tidak dapat dilakukan banyak orang. Pesepakbola ini mungkin tidak berlari secepat Gareth Bale atau mengandalkan energi besar bak Christiano Rionaldo, tetapi kecepatannya dan arah gerakannya yang terus diubah menjadi kunci dari tips dribbling bola seperti Messi yang patut kita terapkan.

Ketika menggiring bola, Messi tidak terus berlari dalam kecepatan penuh. Setidaknya, hanya 10% energi yang dia gunakan kala melakukan solo run dalam kecepatan penuh di Copa Del Rey. Sementara sisanya dia manfaatkan untuk berbelok, berlari, hingga berbelok secara tiba-tiba. Simpel, bukan? Namun jangan salah, karena teknik yang tampak tidak terlalu sulit ini rupanya sudah mengecoh banyak pemain dari tim yang menjadi lawab Messi.

Kunci sukses lainnya yang Messi terapkan adalah menjaga daya tahan tubuh. Tahukah kalian kalau dia dapat mencetak gol ke gawang Bilbao dalam kurun waktu kurang dari 10 detik? Selain itu, Messi mampu membawa bola sejauh 10 meter karena diselingi dengan perubahan kecepatan yang membuat otot-otot tubuhnya berkontraksi dan berelaksasi berulang kali dan bergantian.

latihan menjaga daya tahan tubuh

Dalam kondisi ini, produksi asam laktat (asam yang memberikan sensasi pegal) pada otot pun menjadi lebih besar dan akan membuat kita cepat kelelahan. Hal tersebut telah dibuktikan studi yang dilakukan Thomas Reilly—seorang pakar Sports Sciense dari Inggris—yang mengadakan riset seputar latihan yang intensitasnya tinggi. Jika ingin membuktikannya, cobalah berlari bolak-balik sebanyak 10 kali dan sprint sejauh 100 meter. Bandingkan kegiatan mana yang membuat kita lebih sukar bergerak.

Inilah yang membuat Messi berbeda dibandingkan dengan pesepakbola lainnya. Dia mempunyai otot yang daya tahannya sangat tinggi. Maka tak heran kalau Messi mampu menerapkan berbagai gerakan yang sanggup mengecoh lawan secara tiba-tiba. Para pemain lain pun tak bisa mengendalikan diri saat kehilangan keseimbangan tubuh mereka.

ini adalah contoh skill dewa messi selama karirnya beberapa tahun yang lalu, silakan ditonton :

Semoga Cara mudah Menggocek bola seperti Messi di atas dapat membantu latihan kita, terutama dalam mengasah kemampuan menggiring bola.

triksepakbola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *