Pengertian dan Cara Menguasai Skill Flip Flap

Pengertian dan Cara Menguasai Skill Flip Flap – Memiliki kemampuan melakukan banyak trik dengan bola bisa menjadi modal penting dalam bermain sepakbola; baik itu sepakbola dalam ruangan, luar ruangan ataupun sepakbola pantai. Kemampuan mengontrol dan mengarahkan bola bisa menjadi sangat berguna untuk meloloskan diri dari kawalan pemain lawan.

Salah satu skill yang dapat banyak diandalkan oleh para pemain kelas dunia untuk lolos dari hadangan pemain lawan adalah skill flip flap. Teknik tersebut juga populer disebut dengan nama elastico, snakebite atau la culebrita. Mengetahui panduan mempelajari flip flap bisa menjadi salah satu cara memperkaya skill seorang pemain sepakbola dalam melewati pemain lawan sama dengan pelajaran skill nutmeg yang sudah kami posting sebelumnya..

Sejarak Teknik Flip Flap

Teknik tersebut disebut – sebut sebagai ciptaan seorang pemain sepakbola dari Brazil bernama Sergio Echigo; dan dipopulerkan oleh Rivellino yang sama – sama bermain bagi tim yunior klub Corinthians. Rivellino yang merupakan playmaker tim nasional Brazil mempopulerkan teknik tersebut pada Piala Dunia tahun 1970. Pemain Brazil di era yang lebih modern seperti Romario, Ronaldo dan Ronaldinho dikenal sering menunjukkan teknik flip flap di lapangan.

Teknik tersebut juga populer di kalangan pemain bola dari Nigeria dan dikenal dengan teknik Zigima atau snakebite. Belajar trik rahasia menguasai skill flip flap bisa dilakukan dengan mempelajari teknik dasar dengan dibantu menyaksikan video aksi flip flap untuk kemudian melakukan praktek dengan bola di lapangan.

berikut adalah teknik flip flap gila ala ronaldinho yang kami ambil di youtube :

Teknik Dasar Melatih Skill Flip Flap

Mengetahui teknik dasar dan cara menguasai kemampuan melewati lawan dengan metode flip flap bisa diawali dengan mengetahui defisini dari teknik tersebut. Teknik flip flap pada dasarnya merupakan gerak tipu untuk lolos dari kawalan pemain lawan dengan membuat pemain tersebut salah menebak arah gerakan pemain yang dikawal.

Teknik dasar dari cara menguasai skill flip flap dilakukan dengan mendorong bola dengan salah satu kaki (biasanya dengan menggunakan kaki dominan atau kaki terkuat) ke arah kaki yang dominan. Kemudian pemain bergerak menyusul bola dan menggunakan kaki dominan untuk mengitari bola untuk menggunakan sisi dalam kaki mengubah arah bola ke kaki yang lain.

trik flip flap

Gerakan tersebut bisa dilatih dengan melakukan latihan mendorong bola pada sisi luar kaki dominan dengan kekuatan yang beragam. Hal ini dilakukan untuk melatih sensitivitas kaki pemain pada kecepatan dan jarak bola bergulir sesaat setelah di sentuh dengan sisi luar kaki dominan. Latihan selanjutnya bisa dilakukan dengan melatih gerakan kaki memutari bola dan mengarahkan bola dengan sisi dalam kaki dominan ke kaki yang lebih lemah serta kembali menguasai bola dengan sempurna.

tips rahasia flip flap

Latihan tersebut bisa dilakukan sendiri secara berulang – ulang. Kemudian bisa dilatih dengan menempatkan penghalang atau dengan bantuan pemain lain sebagai pemain bertahan lawan yang berusaha merebut bola.

Beberapa Tips Memaksimalkan Teknil Flip Flap

Ada beberapa tips dan latihan tambahan yang dapat dijadikan bagian latihan cara menguasai skill flip flap dan memaksimalkan efek gerak tipu dari teknik tersebut. Salah satu hal penting yang sangat berpengaruh pada keberhasilan menipu lawan dengan teknik tersebut adalah akselerasi dalam berlari. Sesaat setelah mengarahkan bola ke kaki yang tidak dominan; pemain harus mampu segera berakselerasi dengan memanfaatkan jeda waktu dan langkah yang dimiliki untuk meninggalkan pemain yang mengawal.

Melatih bahasa tubuh juga akan menimbulkan efek tipuan feint yang lebih natural dan mendorong reflek pemain lawan untuk bergerak ke arah yang salah. Melatih kelenturan tubuh agar mampu meliuk dengan cepat dan alami kemudian berakselerasi dengan cepat untuk berganti arah berlari akan membuat teknik flip flap menjadi sulit untuk dihentikan pemain lawan.

triksepakbola

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *