Tips Menendang Bola Pisang Melengkung Seperti Beckham

Tidak sedikit pesepakbola muda yang ingin menguasai tips menendang bola pisang melengkung seperti Beckham. Pemain asal Inggris yang kerap disamakan dengan Alvaro Recoba hingga Sinisa Mihajlovic ini memang punya tendangan atau shooting khas yang mampu menghasilkan gol cantik. Jika diperhatikan secara saksama, arah tendangan yang dilakukan Beckham pun melengkung seperti bentuk pisang.

Hanya segelintir pesepakbola yang punya tendangan khas, salah satunya adalah Beckham. Di sisi lain, bukan hal mustahil bagi kita untuk mempraktikan shooting sang legenda. Caranya dapat kita simak di bawah ini.

1. Menempatkan/mengatur posisi bola

Seperti kebanyakan trik menendang bola, kita harus menempatkan atau mengatur posisi bola dengan benar. jadi anda harus belajar mengontrol bola dengan segala kondisi. Pastikan bola berada di permukaan yang rata. Bentuk bola pun tidak boleh terlampau keras, tidak bulat sempurna, maupun kekurangan angin atau kempis. Pasalnya, hal-hal tersebut akan mempengaruhi kualitas tendangan hingga kecepatan bola saat melaju ke arah gawang.

Tips Menendang Bola Pisang Melengkung Seperti Beckham

Begitu menemukan lokasi yang tepat untuk bola, ambil enam hingga tujuh langkah dari posisi bola ditempatkan. Lokasi serta ancang-ancang yang tepat adalah salah dua modal utama untuk menghasilkan tendangan akurat nan kuat.

2. Menganalisis situasi di sekitar kita

Untuk melakukan tendangan melengkung seperti Beckham, kita juga harus selalu awas akan situasi di sekitar. Lakukan analisis menyeluruh, antara lain mengamati jarak tendangan bebas yang dapat kita lakukan terhadap gawang. Pastikan pula jarak yang membentang antara pemain, gawang, dan posisi kiper yang sedang berjada; apakah ada di samping kanan atau kiri. Selanjutnya, agar tips menendang bola pisang melengkung seperti Beckham sukses, dekati bola dalam kemiringan 45 derajat. Sudut yang kian sempit saat mendekati bola akan menciptakan lengkungan bak pisang.

3. Tempatkan kaki di pijakan yang tepat

Bukan hanya bola, posisi kaki kita saat menendang pun harus tepat, termasuk soal pijakan. Bila kita ingin memakai kaki kiri untuk menendang, maka kaki kananlah yang akan bertugas sebagai pijakan. Berlaku pula untuk sebaliknya. Dalam shooting, kaki yang kita gunakan sebagai pijakan berperan untuk menahan laju dari tendangan. Seandainya kita tidak terlalu kuat dalam memijakan kaki tadi, maka arah tendangan yang kita lakukan pun tidak akan tepat. Hal ini akan membuat bola memelesat ke luar gawang hingga ke tempat yang lebih jauh seperti tempat penonton menyimak pertandingan.

4. Mempraktikan ayunan kaki yang pas

Langkah berikutnya yang harus kita lakukan untuk membuat tendangan melengkung bak Beckham ialah memposisikan ayunan kaki yang pas. Untuk menerapkan shooting, maka ayunan di bagian lengan kaki pun harus menyerupai lingkaran. Caranya, ayunkan lengan kaki seolah-olah kita akan membuat sebuah tendangan kuat, terarah, dan melengkung. Jangan lupa untuk memastikan tubuh sudah berada di posisi yang tepat dengan menekuknya sedikit ke bawah.

Praktikan saat kita hendak mengambil ancang-ancang untuk mengangkat bola yang ditendang ke arah kaki yang dipakai sebagai pijakan. untuk bisa menendang dengan melengkung, tentu kekuatan tendangan juga mesti diperhatikan, jadi pelajari lagi cara menendang dengan keras dan akurat di artikel yang sudah kami publish sebelumnya.

ini adalah panduan dari pengajar bola profesional melalui youtube – nya, jadi pelajari secara langsung ya,

Jangan cepat menyerah saat kita mengalami berbagai kesulitan saat menerapkan langkah-langkah di atas. Beckham sendiri tidak serta-merta mampu melakukannya, karena dia tetap membutuhkan latihan rutin dan ketekunan sebelum tendangan melengkung pisang tadi tercipta.

Kita bisa meminta bantuan atau pelatih untuk memberikan arahan sekaligus motivasi selama berlatih. Dengan begitu, tips menendang bola pisang melengkung seperti Beckham di atas pun dapat dikuasai secara cepat dan baik di lapangan.

triksepakbola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *