Tips Menyundul Bola dengan Baik

Di dalam permainan sepak bola, pasti ada saatnya dimana pemain harus menyundul bola. Banyak pelatih sepak bola yang tidak komprehensif mengajarkan teknik heading atau menyundul bola. Padahal teknik ini bisa membantu mencapai gol atau agar tim kita bisa mendapatkan bola. Tips menyundul bola dengan baik sebaiknya kita mulai dengan bagaimana cara menguasai rasa takut menyundul bola.

Banyak pemain bola bahkan pemain pro sekalipun yang mengakui bahwa mereka takut menyundul bola karena rasa sakit di kepala dan risiko gegar otak. Sebisa mungkin mereka ingin menghindari heading. Banyak berlatih heading bisa mengurangi rasa takut. Di lapangan, mereka harus bisa mengubah pikiran mereka dan fokus mengatasi rasa takut. Jika tidak, mereka tidak akan bisa efisien bermain.

trik menyundul bola

Kalau anda tidak ingn menyundul dan ingin berperan sebagai pengumpan agar pemain lain bisa menyundulnya, maka pelajari cara mengumpan lambung atau long passing dengan baik dan benar. namun kalau anda ingin dua – duanya mari kita pelajari teknik dibawah ini.

Tips menyundul bola dengan baik selain mengatasi rasa takut adalah:

· Ancang-ancang

Pemain-pemain bertubuh pendek adalah pemain yang paling sering mengeluh bahwa mereka tidak pernah punya peluang bisa mendapatkan bola lewat heading. Yang membuat mereka kalah di heading adalah karena mereka tidak mengambil ancang-ancang dulu.

Ancang-ancang bisa mengkompensasi kekurangan tinggi badan yang mereka miliki. Oleh karena itu ambilah ancang-ancang dengan berlari agar bisa melompat tinggi sebelum lawan bisa mengambil bola.

· Latihan lompat

Semakin tinggi pemain bisa melompat, maka akan semakin besar ia bisa menyundul bola dengan baik. Latihlah keahlian melompat Anda dengan cara lompat turun dari box beberapa kali. Setelah itu berlatihlah untuk menguatkan kaki dengan cara squat, deadlifts, dan lunges. Kerahkan seluruh kemampuan dan tekad Anda untuk melompat. Anda akan kaget ketika tahu bahwa kita bisa melompat sangat tinggi saat kita memiliki tekad kuat untuk bisa lompat lebih tinggi dari pemain lain.

· Gunakan tangan Anda

Gunakan tangan Anda untuk menciptakan ruang antara Anda dan lawan yang sama-sama heading. Sering kali kita melihat di pertandingan, ada pemain yang mendorong jatuh pemain lawan saat sama-sama heading. Cara ini bisa dilakukan namun sebaiknya Anda berpikir lebih jauh mengenai teknik mendorong ini.

Cara menyundul bola atau heading

1. Lihat bola baik-baik

Orang yang takut menyundul umumnya akan memalingkan pandangan dari bola. Padahal kalau kita memalingkan wajah, risiko luka malah lebih tinggi karena kita tidak melihat dari arah mana bola ini berasal. Oleh karena itu buka mata Anda lalu lihatlah arah gerakan bola saat Anda bersiap-siap hendak heading dan pada saat heading.

panduan menyundul bola

2. Jejakkan kaki dengan mantap

Jinjit atau melentingkan badan ke belakang dengan bertumpu pada tumit akan mengurangi kekuatan sundulan. Jejakkan kaki Anda dengan mantap di tanah.

3. Tekuk lutut

Tekuk sedikit kedua lutut. Menekuk lutut akan membantu Anda menjaga keseimbangan dan menciptakan gaya momentum.

4. Lentingkan badan

Lentingkan badan ke belakang untuk menciptakan momentum saat heading seperti gaya momentum yang sama dengan kaki yang diangkat ke belakang sebelum menendang bola.

5. Loncat

Jejakkan kaki Anda dalam-dalam di tanah lalu dorong tanah dengan mantap agar Anda bisa melompat lebih tinggi lagi.

6. Sundul bola dengan cepat

Semakin cepat Anda menyundul bola, kekuatan sundulan akan semakin besar pula. Gunakan bagian tengah jidat saat menyundul bola karena bagian inilah yang paling keras di antara organ-organ lainnya di bawah.

dibawah ini adalah video youtube mengenai tutorial menyundul dengan benar dan mengurangi resiko cedera kepala :

Menyundul bola dengan cara yang salah bisa membuat risiko cedera kepala. Maka dari itu setiap pemain sebaiknya memahami betul tips menyundul bola dengan baik. selamat mencoba !

triksepakbola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *